Close

Panduan Dasar Berbisnis MLM

Panduan Dasar Berbisnis MLM

Sekilas Tentang MLM ,  Pengertian MLM :

Ditengah kelesuan dan keterpurukan ekonomi nasional, datanglah sebuah sistem bisnis yang bisa dimulai dengan modal kecil  dan relatif Tanpa Resiko.

Secara umum Multi Level Marketing adalah suatu metode bisnis alternatif yang berhubungan dengan pemasaran dan distribusi yang dilakukan melalui banyak level (tingkatan), yang biasa dikenal dengan istilah Upline (tingkat atas) dan Downline (tingakt bawah), orang akan disebut Upline jika mempunyai Downline.

Inti dari bisnis MLM ini digerakkan dengan jaringan ini, baik yang bersifat vertikal atas bawah maupun horizontal kiri kanan ataupun gabungan antara keduanya.

Sebenarnya dalam menjalankan bisnis apapun,  kita pasti mempergunakan kekuatan networking kita untuk mendapatkan uang.  Bahkan bila kita menjadi pengusahapun kita seringkali menggunakan hubungan pertemanan kita untuk mendapatkan proyek.

Prinsip Pengetahuan dalam menjalankan Bisnis MLM

Bisnis MLM yang benar-benar memenuhi kriteria bisnis pemasaran berjenjang / jaringan memberikan peluang kepada setiap anggotanya untuk bisa memperoleh keberhasilan berdasarkan kerja dan upaya yang mereka lakukan. 

Suatu bisnis MLM yang baik hampir pasti mempunyai sistem bonus yang memberikan penghasilan lebih besar kepada mereka yang lebih berprestasi.

Pada orang-orang yang berhasil dibisnis mlm ,  mereka berhasil  memperluas pertemanan mereka dengan orang-orang baru setiap harinya.

Para leader bisnis MLM akan selalu membuat acara-acara pelatihan dan pembinaan bagi anggota-anggotanya dengan situasi yang penuh semangat, kegembiraan, antusiasme dan sebagainya yang seringkali memang dikemas secara hingar bingar.

Bagi orang-orang diluar bisnis ini,  hal ini memang aneh dan dipandang dari sudut yang salah sebagai suatu pemujaan terhadap keberhasilan seorang leader.  Hal itu sama sekali tidak benar. 

Situasi tersebut sebenarnya sama saja dengan kegembiraan suporter sepak bola yang bersorak sorai bahkan mengecat rambut dan wajah mereka sesuai dengan warna klub sepak bola jagoan mereka.  Situasi hingar bingar memang diciptakan untuk membangkitkan semangat dan motivasi,  tidak ada pemujaan didalamnya.

Perbedaan antara MLM dan Membuka BISNIS /Usaha Dagang Biasa :

Pertama di jalur distribusi barang antara MLM dan bisnis konvensional/Dagang

Jalur distribusi barang di bisnis konvensional :
pabrik – agen tunggal – agen tunggal wilayah – agen tunggal provinsi – agen tunggal daerah – retailer – toko-toko kecil – konsumen

Jalur distribusi barang dibisnis MLM :
pabrik – suplier – distributor/member – konsumen

Jika kita amati, jalur distribusi MLM sangatlah pendek. Inilah yang membuat komisi (bonus) yang diterima member MLM menjadi tinggi.

Karena banyak jalur distribusi MLM diperpendek dan biaya distribusi yang biasa digunakan dijalur distribusi konvensional dipakai untuk memberikan komisi (bonus) langsung kepada member MLM.

Bisnis MLM adalah suatu usaha yang telah terbukti sukses. Sistem pemasaran dengan menggunakan jaringan manusia sudah terbukti ampuh dalam membangun kesuksesan  bisnis.

Kita tidak perlu lagi membangun sebuah sistem bisnis begitu bergabung dengan bisnis MLM, karena sistemnya sudah terbukti.

Berbeda dengan bisnis konvensional, kita  harus membangun sistem sendiri, mulai dari sistem keuangan, sistem produk, sistem  pemasaran, dll.

Bayangkan ketika anda memiliki sebuah jaringan manusia dengan satu misi dan visi. Jaringan yang terus berkembang memungkinkan terjadinya passive income.  Jumlah kelahiran terus bertambah, artinya akan selalu ada orang baru didalam bisnis ini  untuk bisa diajak sukses bersama anda.

Di bisnis konvensional kita perlu melakukan banyak percobaan, Trial dan Error, tentu itu akan membuang buang waktu dan Dana yg tentu tidak sedikit.

Mengapa bisnis mlm layak dikerjakan?

Bisnis MLM adalah salah satu dari beberapa jenis bisnis yang oleh Robert T Kiyoshaki dalam bukunya yang terkenal “Cashflow Quadrant” serta “Poor Dad & Rich Dad” disebut sebagai suatu bisnis yang prospektif untuk dijalankan.

diantaranya karena alasan-alasan berikut ini :

Modal investasi kecil.  Keseluruhan biaya saat bergabung maupun modal awal yang dibutuhkan cenderung jauh lebih kecil dibandingkan bila anda membuka restoran,  butik atau membeli hak frenchaiser.  Karena modal investasinya yang kecil tersebut,  maka siapapun dapat memulai bisnis ini.

Resiko kecil.  Tentu saja karena modal investasinya kecil,  maka apabila anda “gagal” menjalankan bisnis ini,  maka resiko kerugian yang anda tanggung juga tergolong kecil.

Biaya Operasional kecil.  Dalam pengoperasiannya,  anda juga tidak membutuhkan pengeluaran besar seperti layaknya bisnis tradisional beromset sama. 

Mengapa?  Dalam menjalankan bisnis jaringan,  anda sama sekali tidak perlu memikirkan biaya untuk menyewa gedung,  membuka kantor atau tempat, menggaji pekerja dan menyediakan stok barang serta sistim pendukung pemasaran. 

Biasanya perusahaan MLM dimana anda bisa bergabung telah menyediakan seluruhnya untuk anda.

Fleksibel.  Komitmen mengerjakan bisnis ini paruh waktu, masih dapat membuat anda berhasil menjalankan bisnis ini. 

Anda tentu tidak dapat melakukan ini bila anda ingin membuka usaha tradisional, anda harus benar-benar fokus dan mencurahkan seluruh perhatian anda. 

Pada bisnis MLM anda bisa memberikan komitmen paruh waktu anda yang bisa anda atur dan sesuaikan dengan kondisi anda. 

Hal yang terpenting adalah,  anda benar-benar memberikan komitmen waktu  anda tersebut.

Bisa diwariskan.  Bisnis MLM yang bertahan hingga saat ini,  hampir secara umum memberikan fasilitas kepastian bahwa bisnis tersebut dapat diwariskan kepada ahli waris.

Hal inilah yang membuat para pelaku bisnis MLM yang berorientasi kepada masa depan memilih menggeluti dan berjuang demi keberhasilan dibisnis ini,  agar bisa memberikan sesuatu yang bernilai bagi anak-anaknya.

Bisnis MLM adalah bisnis yang paling memungkinkan dan menguntungkan terutama bagi anda yang mempunyai impian-impian besar tetapi mempunyai keterbatasan dalam biaya -baik untuk modal awal maupun pengoperasiannya. 

Satu-satunya hal yang dibutuhkan dalam menjalankan binis MLM dan berhasil adalah KOMITMEN WAKTU DAN SEMANGAT ANDA UNTUK TETAP FOKUS.

Beberapa indikator  bisnis MLM yang layak ditekuni :

Memiliki produk yang benar-benar original,unik, unggul dan berbeda dari produk sejenis yang ada di pasaran, sehingga Anda tertarik menjadi DISTRIBUTOR, bukan hanya sebagai member.

Harga produknya masuk akal dan memiliki manfaat yang nyata sehingga memiliki kemungkinan laku dipasarkan.

Produknya bisa repeat order, karena ini adalah kehidupan bisnis MLM itu agar bisa terus continue , akan terus dipesan orang dalam waktu singkat, sehingga volume penjualan akan selalu ada meski tidak merekrut member baru.

Memiliki sistim bonus yang jelas dan berimbang, Bonus dihasilkan dari penjualan produk dan bisa juga dari hasil rekruitmen member (downline).

Memberikan dukungan (customer service) yang baik.

Sistem  yang  halal dengan ada transaksi jualan produk yang bermanfaat ataupun  member get member, sehingga sebagai member atau user bisa mendapat manfaat sekaligus  komisi dari memperkenalkan produk.

Ada alamat, bentuk perusahaannya PT atau CV,  SIUP , NPWP , TDP nya, sampai akta notarisnya.

Ada Support System untuk setiap member baru menjadi ‘pemilik toko atau usaha’ yang selanjutnya akan menawarkan produk perusahaan tersebut agar mendapat bonus dari penjualan paket produk.

Tidak ada orang yang dirugikan jika bergabung didalam system ini.

Jadi , Berbisnis MLM adalah bisnis yang paling memungkinkan dan menguntungkan terutama bagi anda yang mempunyai impian-impian besar tetapi mempunyai keterbatasan dalam biaya -baik untuk modal awal maupun pengoperasiannya. 

Satu-satunya hal yang dibutuhkan dalam menjalankan binis MLM dan berhasil adalah KOMITMEN WAKTU DAN SEMANGAT ANDA UNTUK TETAP FOKUS.

Peace, Warm regards.
Andya Berna.
– COO & CTO SAFRA By Borneo Group

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *